Home » » Luis "Solusi" Suarez

Luis "Solusi" Suarez

Written By Unknown on Friday 26 July 2013 | 11:33

Kabar tentang Gonzalo Higuain telah menyelesaikan kepindahannya ke Napoli bisa berarti kekecewaan bagi sebagian pendukung Arsenal, tapi Olivier Giroud melihatnya berbeda. Seperti dikutip dari Skysports(25/7/2013) peluang penyerang timnas Perancis menjadi pecundang lebih besar jika Higuain tidak memilih Napoli. Melihat statistik Giroud yang cukup menjanjikan dalam laga pramusim ini, itu merupakan kabar buruk.

Penampilan mantan penyerang Montpellier ini terlihat menjanjikan dengan enam gol yang disarangkannya di tiga laga pramusim dalam Tur Asia. Manajer Arsene Wenger tak melihat ada rasa tertekan dengan selama rumor tentang Higuain berkembang di dirinya. "Saya suka penampilan Oliver," kata Wenger. "Saya yakin ia dapat beradaptasi dengan baik."


Mungkin itu sekedar tanggapan Wenger. Higuain bisa dipastikan menjadi pilihan utama untuk posisi ujung tombak seandainya jadi ke Arsenal. Namun, keputusan untuk mengejar Luis Suarez bisa diartikan sedikit berbeda dari kebutuhan tim. Singkatnya, kedatangan Suarez tidak berarti Giroud berakhir.


Yang cukup membesarkan hati, hal ini tersirat dari cara Giroud melihat perkembangan terakhir Arsenal. "Saya bisa membangun pengertian di lapangan bersama pemain seperti Luis," kata Giroud kepada The Sun. "Jadi saya mendukung dia datang ke Arsenal dan saya tidak takut kedatangannya menyingkirkan posisi saya."


Ada alasan yang mendukung pendapat tersebut. Hasil imbang 2-2 antara Arsenal dan Liverpool di Emirates Stadium Januari lalu, di mana kedua pemain sama-sama berhasil mencetak gol, bisa menjadi gambaran perbedaan peran antara Giroud dan Suarez di lini depan. Saat Giroud beroperasi sebagai "targetman", Suarez kebalikannya, aktif menyisir lapangan untuk mencari bola.


Interaksi intens yang Suarez lakukan dengan Daniel Sturridge, pemain yang tiba di Anfield Januari lalu, menunjukkan dia punya mampu menjalin kerja sama lebih baik jika bertandem dengan penyerang yang lebih hebat. Itu artinya, dia bisa berubah peran sebagai pengumpan saat bertandem dengan Giroud. Perlu Wenger ingat, Suares juga mampu bermain cantik saat dipasang sebagai ujung tombak tunggal.


Meskipun Giroud sudah menunjukkan tanda-tanda kehebatannya, Arsenal masih terlihat mencari seorang pencetak gol sejati selevel Robin van Persie sebagai ujung tombaknya. Ada banyak pilihan yang muncul selama musim 2012/13, Theo Walcott dengan 14 gol di Liga Primer, Santi Cazorla dengan 12 gol, serta Podolski dan Giroud yang torehan golnya sama-sama di dua digit. Namun, Arsenal melewatkan banyak kesempatan.


Jika bicara soal nama besar, catatan Giroud memang mengecewakan. Selama musim lalu, hanya Van Persie yang mendapat kesempatan luas dari klubnya untuk tampil dan mencetak goal. Hasilnya, penyerang tim Setan Merah itu mencetak 17 gol, sementara Giroud hanya 4.


Di antara penyerang yang sering dipasang di Liga Inggris selama musim lalu, Giroud memiliki prosentase penyelesaian terburuk dengan hanya 17 persen peluang yang menjadi gol. Sementara, pemain yang mencatat prosentase penyelesaian tertinggi tak lain adalah Suarez.


Perbedaannya memang signifikan. Jika mau, Arsenal bisa mengganti penyerang paling mandul dengan pemain yang paling subur. Saat peluang masih tersedia di Arsenal, cukup mendebarkan menanti Suarez berlabuh di Stadion Emirates. Penyerang Liverpool ini sudah terkenal hebat dalam menciptakan peluang, namun dia akan punya dukungan lebih banyak di Arsenal.


Podolski, Cazorla, dan Walcott dikenal punya kreatifitas dengan gaya masing-masing. Bahkan, semua pemain itu punya catatan gol di atas 10 selama musim lalu. Arsenal adalah satu-satunya tim di Liga Inggris yang memiliki pencapaian ini selama musim 2012/2013. Jika jadi bergabung, kreatifitas Suarez di depan akan membuat ketiga pemain tersebut fokus bertarung di lini masing-masing.


Suarez sudah punya nama di bidang ini. Karena peran jelajah dan energinya, Suarez tercatat menyentuh bola sebanyak 363 kali di kotak penalti lawan selama musim lalu. Jumlah ini 140 kali lebih banyak dari pencapaian Van Persie. Jika 12 tahun lalu Wenger bernasib naas saat mendatangkan Francis Jeffers lewat pemecahan rekor transfer klub, akankah Suares benar-benar menjadi "fox in the box" seperti harapannya?


Kenyataannya, meskipun Suarez bukan harapan utama suporter Arsenal untuk menambah daya gedor timnya, dia adalah satu dari sedikit pilihan yang tersedia. Kuncinya, Suares bisa tampil bersama ataupun tanpa penyerang utama Olivier Giroud. Dengan kata lain, Wenger akan mendapatkan dua tipe penyerang dalam diri Suarez. waktu yang tepat untuk membelanjakan uang sedikit lebih banyak.



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Follow Admin

Find on Facebook

Popular Posts