Home » » 10 Agen Pemain Paling Top

10 Agen Pemain Paling Top

Written By Unknown on Thursday 25 July 2013 | 05:33

KOMPAS.com - Selama jendela transfer dibuka, semua klub sibuk dalam urusan jual-beli pemain. Tak dipungkiri jika manajer dan jajaran manajemen klub menjadi sosok penting dalam kebijakan transfer.

Akan tetapi, ada figur lain yang tak boleh dilupakan karena mereka ikut memainkan peranan penting, yaitu agen. Justru, para agen merupakan sosok sentral karena bisa menjadi "penentu arah" bagi pemain untuk mengambil keputusan ke mana dan di mana dia harus berlabuh.


Nah, dalam masa-masa seperti sekarang inilah para agen pemain berada dalam posisi yang sangat penting. Apalagi para agen yang menangani pemain-pemain penting, yang menjadi incaran sejumlah klub elite Eropa.


Berikut 10 agen top versi Metro.co.uk, yang akan menjadi pusat perhatian selama bursa transfer musim panas ini:


1. Barry Silkman


Setelah 16 tahun sebagai pesepakbola yang menduduki posisi gelandang, dan gagal masuk manajemen klub, Silkman beralih menjadi seorang agen sepak bola pada tahun 1990-an. Ternyata dia menjadi agen top karena memiliki sejumlah klien hebat.


Pria berusia 60 tahun ini lebih dikenal sebagai seorang broker, dibandingkan dengan agen. Dia kerab terlibat dalam penyelesaian transfer di menit-menit terakhir. Pada musim panas ini, dia menjadi klien David Villa, yang akhirnya memutuskan hijrah dari Barcelona dan berlabuh di Atletico Madrid.


Klien: David Villa, Demba Ba, Ravel Morrison


2. Cezary Kucharski


Mantan pemain internasional Polandia ini terbilang rising star untuk jagad agen sepak bola. Kliennya yang sedang ngetop adalah striker Borussia Dortmund, Robert Lewandowski, yang menjadi incaran Manchester United, Chelsea, serta rival Dortmund di Bundesliga, Bayern Muenchen. Tetapi rencana transfer striker Polandia tersebut pada bursa transfer musim panas ini dipastikan tak berlanjut karena Lewandowski patuh pada keinginan manajemen yang mempertahankannya.


Klien: Robert Lewandowski, Jakub B?aszczykowski, Dimitar Rangelov


3. Jerome Anderson


Pria ini mungkin menjadi agen sepak bola paling kontroversial di Inggris. Dia pun ditengarai akan menjadi orang yang berpengaruh dalam transfer pemain kunci dalam jendela transfer sekarang.


Namanya menjadi tersohor setelah sukses mendatangkan bintang top seperti Thierry Henry dan Dennis Bergkamp ke Arsenal, sebelum dikritik karena mengambil kendali transfer Manchester City dan Blackburn Rovers.


Pada bursa transfer musim panas ini, kinerja Anderson akan dinantikan untuk memindahkan bintang asal Nigeria, John Obi Mikel, yang dibawanya ke Stamford Bridge pada tahun 2006. Rumor yang beredar, Obi Mikel sudah mencapai kesepakatan pra-kontrak dengan Manchester United.


Klien: John Obi Mikel, Eduardo, Axel Witsel, Kieran Gibbs


4. Pini Zahavi


Zahavi menjadi buah bibir ketika sukses mencapai kesepakatan pengambilalihan Chelsea oleh konglomerat Rusia, Roman Abramovich, dengan sejumlah transfer sedang diinvestigasi karena diduga ada unsur korupsi. Pria asal Israel ini juga terlibat dalam proses pengambilalihan Portsmouth.


Pada bursa transfer sekarang, Zahavi berperan dalam transfer striker Argentina, Carlos Tevez, yang sebelumnya dia bawa dari West Ham United ke Manchester City. Pria berusia 69 tahun ini pun sukses membawa Tevez ke Italia untuk bergabung dengan Juventus.


Klien: Rio Ferdinand, Carlos Tevez


5. Tim Hager


Hager termasuk agen yang tak terlalu populer, tetapi klien dan kemampuannya menjadi perhatian sejumlah klub. Dia bekerja untuk agen WB Sportmanagement, dan siap membawa sejumlah pemain ke Premier League.


Klien: Yann M’Vila, Mamadou Sakho, Antoine Griezmann


6. Mino Raiola


Raiola menjadi dalang perjalanan transfer Zlatan Ibrahimovic. Dia juga sangat terkenal karena menghadirkan mega-deal di daratan Eropa. Pemain Shaktar Henrikh Mkhitaryan menjadi klien terakhirnya, yang ditengarai akan mendarat di Liverpool atau Inter Milan.


Dalam proses transfer striker Napoli ke Paris Saint-Germain, Edinson Cavani, Raiola pun terlibat meskipun tidak secara langsung. Dia menjadi penasehat.


Klien: Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Edinson Cavani, Etienne Capoue


7. Jonathan Barnett


Namanya terkenal karena mengorbitkan petinju Inggris, Lennox Lewis. Barnett menjadi pusat pembicaraan pada tahun 2006 ketika dia menyukseskan transfer Ashley Cole ke Chelsea. Saat ini kinerjanya tak terlalu bersinar, meskipun dia bakal kembali menjadi pusat perhatian apabila Gareth Bale benar-benar hijrah dari Tottenham Hotspur dan berlabuh di Real Madrid.


Bukan rahasia lagi bila Madrid sangat menginginkan Bale. El Real bahkan siap menggelontorkan dana lebih dari Rp 1 triliun untuk mendatangkan winger asal Wales tersebut, yang juga menjadi incaran Manchester United.


Klien: Ashley Cole, Gareth Bale, Joe Hart, Wojciech Szczesny, Rafael, Fabio, Darren Bent


8. Pere Guardiola


Pere adalah adik dari pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola. Saat ini dia sedang sibuk dengan kliennya, Luis Suarez, yang bersikeras ingin hengkang dari Liverpool.


Klien: Luis Suarez, Jon Toral, Hector Bellerin, Isaac Cuenca


9. Paul Stretford


Stretford termasuk salah satu agen paling berani, setelah dia terlibat dalam proses transfer Wayne Rooney yang waktu itu baru berusia 16 tahun. Dia pula yang mendorong striker timnas Inggris itu bergabung dengan Manchester United.


Kini, Stretford pun sedang bekerja untuk klien yang sama, karena Rooney ingin pindah dari MU. Sejauh ini, mantan striker Everton tersebut menjadi target Chelsea, yang tampaknya sangat serius meminangnya.


Klien: Wayne Rooney, Harry Redknapp, Roberto Mancini


10. Jorge Mendes


Mendes menjadi agen dengan klien tersohor dan disebut-sebut sebagai king of football agents. Setelah memonopoli di Portugal dalam beberapa tahun terakhir, kini dia pun sukses membuat kesepakatan transfer selama musim panas ini untuk James Rodriguez, Joao Moutinho, Radamel Falcao dan Jose Mourinho, serta sedang bekerja untuk beberapa klien lagi.


Permata di mahkotanya sebagai raja agen sepak bola adalah Cristiano Ronaldo, yang kembali dilirik mantan klubnya, Manchester United. AS Monaco juga dilaporkan sangat mendambakan pemain Portugal itu, sehingga mereka menjanjikan 10 juta poundsterling bagi Mendes jika sukses membawa pemain Real Madrid itu ke Perancis, meskipun El Real siap memperbarui kontrak Ronaldo.


Klien: Cristiano Ronaldo, Luis Nani, Angel Di Maria, Victor Valdes



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Follow Admin

Find on Facebook

Popular Posts